Berbagi Inspirasi

Pelajari Perilaku Konsumen Digital untuk Bisnis Kuliner

Industri digital berkembang pesat dan berdampak pada perubahan perilaku konsumen untuk memilih produk. Pemasaran produk melalui media digital tentu harus diterapkan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Sehingga strategi yang diterapkan pun harus disesuaikan dengan era-nya. 

Nah, seperti apa cara mempelajari perilaku konsumen digital agar usaha Anda semakin maju? Berikut ini beberapa hal tentang perilaku konsumen digital untuk bisnis kuliner. 

 

Selalu membanding-bandingan dengan kompetitor

Konsumen sangat suka membanding-bandingkan produk satu dengan yang lain. Tujuan konsumen tersebut untuk melihat standar dan kualitas guna mendapatkan produk terbaik. Konsumen akan menjadi lebih selektif untuk bisa memahami bahwa produk atau layanan daripada di era offline. Mereka biasanya akan melihat review yang ada di YouTube, media sosial, maupun mesin pencarian Google.

 

Tak ingin ketinggalan tren

Konsumen di era digital adalah orang-orang yang tak ingin ketinggalan tren. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dan ide menu kuliner yang kekinian. Selain produk, kemasan juga menjadi hal penting untuk diperhatikan, terlebih jika target pasar yang dituju adalah generasi milenial yang ingin selalu terlihat kekinian. 

 

Menyimak produk Anda melalui media sosial 

Konsumen lebih sering melihat dan menyimak produk Anda melalui platform media sosial. Apabila mereka sudah tertarik, biasanya mereka langsung mencari di website atau toko online. Sehingga, Anda harus memaksimalkan penggunaan media sosial secara baik sesuai dengan strategi marketing usaha Anda. 

 

Menyukai personalisasi

Konsumen sangat menyukai personalisasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Efek adanya personalisasi juga akan menimbulkan loyalitas pelanggan dan usaha Anda memiliki ciri khas tersendiri. Personalisasi tersebut contohnya, sebagai penjual sosis bakar Anda menyajikan dalam berbagai level pedas sesuai keinginan pelanggan. Hal ini membuat pelanggan tertarik daripada Anda hanya memberikan satu jenis rasa pedas.  

 

Mengutamakan kemudahan pemesanan dan pembayaran 

Kemudahan pemesanan dan pembayaran menjadi hal yang teramat penting sekarang ini. Karena, di era digital efisiensi adalah kunci. Sesuatu yang tidak efektif, lambat, berbelit-belit akan langsung ditinggalkan. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan pemesanan dan pembayaran menggunakan sarana digital, seperti transfer saldo atau e-wallet.

 

Beradaptasi adalah kunci dalam kesuksesan berbisnis, terutama usaha di bidang kuliner. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan perilaku konsumen itu sendiri, karena sebagus apa pun ide usaha, ujungnya adalah untuk melayani konsumen. Untuk itu, terapkan 5 tips di atas untuk memajukan usaha Anda.

Yuk, terus kembangkan bisnismu dan raih kesuksesanmu!