Berbagi Inspirasi
Cara Menggaet Pelanggan Baru dalam Bisnis Kuliner
Kunci kesuksesan bisnis kuliner adalah kepuasan pelanggan, tetapi yang menjadi persoalan adalah bagaimana menggaet pelanggan baru dalam bisnis kuliner. Berbeda dengan pelanggan lama, pelanggan baru membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk membuatnya tertarik dengan produk Anda, apalagi jika bisnis Anda sendiri masih baru.
Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mendefinisikan target market. Buat identifikasi demografi dan segmen yang Anda tuju. Kemudian, dari sinilah Anda bisa menentukan bagaimana strategi komunikasi produk Anda. Namun, agar usaha Anda lebih banyak menjaring pelanggan baru, ada beberapa hal yang harus lakukan. Berikut ini beberapa cara untuk menggaet pelanggan baru yang bisa Anda terapkan dalam bisnis kuliner Anda.
Menu produk kekinian
Bisnis kuliner adalah bisnis yang memiliki banyak kompetitor. Untuk itu, Anda harus lebih kreatif dalam memanfaatkan tren, karena pelanggan akan lebih suka dengan produk kuliner yang kekinian dan inovatif. Produk yang inovatif adalah produk yang memiliki diferensiasi dengan produk kompetitor, sehingga produk Anda memiliki ciri khas yang unik dan mudah dikenali. Tidak hanya pada rasa produk, tetapi Anda juga bisa mencari diferensiasi pada kemasan, harga, promosi, dan strategi marketingnya.
Memanfaatkan momentum
Untuk menarik pelanggan baru, Anda bisa memberikan diskon atau giveaway di momen tertentu, misalnya akhir tahun atau hari-hari besar. Selain itu, Anda bisa membuat sayembara atau kompetisi berhadiah bagi pelanggan. Hal ini sangat bagus untuk mempromosikan produk kita. Alternatif lainnya, Anda bisa memberikan promo kepada pelanggan yang sudah membeli dalam jumlah tertentu.
Berkolaborasi dengan mitra
Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain, bisa menjadi opsi untuk menggaet pelanggan baru, misalnya dengan membuat kolaborasi produk, promosi, hingga mengakuisisi partner usaha. Dengan melakukan hal tersebut, Anda juga bisa menggaet pelanggan dari mitra usaha. Selain itu, Anda bisa berpartisipasi dalam kegiatan mitra Anda, seperti menjadi sponsor atau donatur kegiatan mereka.
Cek kembali kualitas produk
Jika sudah melakukan berbagai cara untuk menjaring pelanggan baru, sementara berbagai cara itu tak juga berhasil, sebaiknya melakukan evaluasi terhadap produk yang Anda tawarkan. Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan kepada pelanggan dengan meminta feedback setelah melakukan transaksi. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan maka Anda juga bisa meningkatkan kualitas dari semua lini bisnis kuliner Anda.
Aktivasi media sosial
Media sosial bukan sarana untuk memberikan promo saja, tetapi juga menjadi cara efektif untuk menyapa pelanggan yang sudah ada dan menjaring pelanggan baru. Untuk itu, gunakan media sosial sesuai dengan target market, gaet influencer, dan implementasikan UGC (user-generated content) atau membuat pelanggan merasa dilibatkan dalam bisnis kuliner.
Banyak cara untuk menggaet pelanggan baru, tetapi yang paling utama adalah produk Anda sendiri. Apakah produk Anda sudah terjamin kualitasnya atau belum. Untuk itu, sebaiknya pilih partner usaha yang terpercaya sebagai pemasok berbagai bahan makanan. Jika bisnis kuliner Anda bergelut di menu daging olahan, Madusari Nusaperdana siap menjadi mitra usaha Anda yang terpercaya. Segera hubungi divisi food service di laman Madusari Meat Solution: https://madusarifoods.com/page/informasi-kerjasama
Yuk, saling bersinergi mengembangkan usaha kuliner agar semakin maju dan sukses!